Kamis, 06 Desember 2012

pengartar teknologi informasi



Pengantar teknologi informasi

Teknologi adalah seperangkat alat canggih yang dapat memudahkan pekerjaan setiap orang.
Informasi adalah data yang telah diolah dan dibentuk sehingga  memiliki arti yang lebih berguna dan berarti bagi penerima. Sumber informasi adalah data.
Data adalah kesatuan yang mendeskripsikan suatu kejadian atau kesatuan nyata.Jadi ada suatu proses transformasi data menjadi suatu informasi = input - proses – output.
Syarat sebuah informasi yang baik adalah:
• Akurat, berarti informasi harus bebas dari kesalahan-kesalahan dan tidak bias atau menyesatkan. Akurat juga berarti informasi harus memberikan maksud yang jelas.
• Tetap pada waktunya, berarti informasi yang datang pada penerima tepat pada saat dibutuhkan (on-time).
• Relevan, berarti informasi tersebut menpunyai manfaat untuk pemakainya. Relevansi informasi berbeda-beda tergantung user-nya.
Apakah peranan komputer dalam teknologi informasi?
Maka, teknologi informasi adalah segala kegiatan yang terkait dengan pemrosesan, manipulasi, pengelolaan, dan transfer informasi antarmedia.
komputer sangat berperan penting, karena komputer itu sendiri adalah bagian dr TI, dengan adanya komputerkita dapat memperoleh informasi lebih cepat, dengan itu kta dapat mengheat waktu.
Pengertian dari hardware atau  dalam bahasa indonesianya disebut juga dengan nama perangkat keras adalah salah satu komponen dari sebuah komputer yang sifat alat nya bisa dilihat dan diraba oleh manusia secara langsung atau yang berbentuk nyata, yang berfungsi untuk mendukung proses komputerisasi.
Hardware dapat bekerja berdasarkan perintah yang telah ditentukan ada padanya, atau yang juga disebut dengan dengan istilah instruction set. Dengan adanya perintah yang dapat dimengerti oleh hardware tersebut, maka hardware tersebut dapat melakukan berbagai kegiatan  yang telah ditentukan oleh pemberi perintah.
Contohnya: Processor, Papan Induk(mobo), Chipset, AGP, Soket Memori, Soket Processor, CMOS, Soket Catu Daya, Konektor Casing, Pararel port, dan USB Port.
untuk mengoperasikan software yang dimiliki komputer tersebut yang terdiri dari input device, processimg unit, dan output device. digunakan untuk aktivitas input, proses, output, dan penyimpanan data pada suatu sistem komouter.

sistem informasi keuangan



SISTEM INFORMASI KEUANGAN
Manajemen keuangan adalah suatu kegiatan perencanaan, penganggaran, pemeriksaan, pengelolaan, pengendalian, pencarian dan penyimpanan dana yang dimiliki oleh suatu organisasi atauperusahaan.
Analisis sumber dana atau analisis dana merupakan hal yang sangat penting. Analisis ini bertujuan supaya dapat mengetahui jumlah dana yang akan di butuhkan, dan dari mana dana tersebut bisa didapatkan. Suatu laporan yang menggambarkan asal sumber dana dan penggunaan dana. Rasio dan proporsional digunakan untuk menganalisis keadaan keuangan dalam suatu perusahaan.
Langkah pertama dalam analisis sumber dan penggunaan dana adalah laporan perubahan yang disusun atas dasar dua neraca untuk dua waktu. Rasio keuangan dikelompokkan menjadi enam jenis yaitu :
1.     Rasio Likuiditas, rasio ini untuk mengukur kemampuan perusahaan untuk memenuhi kewajiban finansial jangka pendeknya.
2.     Rasio Leverage, rasio ini digunakan untuk mengukur seberapa banyak dana yang di-supply oleh pemilik perusahaan dalam proporsinya dengan dana yang diperoleh dari kreditur perusahaan.
3.     Rasio Aktivitas, rasio ini digunakan untuk mengukur efektivitas manajemen dalam menggunakan sumber dayanya. Semua rasio aktifitas melibatkan perbandingan antara tingkat penjualan dan investasi pada berbagai jenis harta.
4.     Rasio Profitabilitas, rasio ini digunakan untuk mengukur efektifitas manajemen yang dilihat dari laba yang dihasilkan terhadap penjualan dan investasi perusahaan.
5.     Rasio Pertumbuhan, rasio ini digunakan untuk mengukur seberapa baik perusahaan mempertahankan posisi ekonominya pertumbuhan ekonomi dan industri.
6.     Rasio Penilaian, rasio ini merupakan ukuran prestasi perusahaan yang paling lengkap oleh karena rasio tersebut mencemirkan kombinasi pengaruh dari rasio risiko dengan rasio hasil pengembalian
Sistem Informasi Keuangan adalah subset dari Sistem Informasi Manajemen yang di buat untuk mendukung sistem kuangan pada sebuah perusahaan. Sistem ini khususnya di buat untuk mendukung pekerjaan manager, agar dapat membantu tugas-tugasnya. Terdiri dari Subsistem Informasi Akuntansi,  Subsistem Audit Internal, dan Subsistem Intelijen Keuangan.
Contoh dari sisteminformasi keuangan adalah, sistem pendapatan dana, sistem pengelolaan dana dan kebutuhan.
Referensi:
id.wikipedia.org/wiki/Manajemen_keuangan

Selasa, 04 Desember 2012

SI SDM


SISTEM INFORMASI SUMBER DAYA MANUSIA
Sumber daya manusia yang sering di sebut juga SDM, merupakan kemampuan yang berada di dalam diri setiap orang untuk beradaptasi dengan lingkungan sosialnya dan dapat mencapai kesejahteraan hidupnya.
Sebagai ilmu, SDM di pelajari dalam manajemen sumber daya manusia. SDM di sini bukan berarti seperti barang dan hanya sebagai sumber daya, tetapi sumber daya manusia itu sebagai modal atau aset utama yang sangat penting. Karena itu dikenallah istilah Human Resource atau Human Capital. SDM di sini juga dapat dikembangkan.
Sebenarnya apa sih msdm? Menajemen sumber daya manusia adalah suatu cara untuk mengatur, mengembangkan potensi atau kemampuan yang dimiliki setiap orang secara efektif, sehingga dapat digunakan dengan maksimal, serta dapat mewujudkan tujuan dari suatu organisasi. Ada juga ahli-ahli yang mengartikannya berbeda-beda, beberapa ahli mengartikan sebagai berikut:

1.        Pengertian Manajemen Sumber Daya Manusia (MSDM) menurut

        Mary Parker Follett Manajemen Sumber Daya Manusia adalah suatu seni untuk mencapai tujuan-tujuan organisasi melalui pengaturan orang-orang lain untuk melaksanakan berbagai pekerjaan yang diperlukan, atau dengan kata lain tidak melakukan pekerjaanpekerjaan itu sendiri
2.       Pengertian Manajemen Sumber Daya Manusia (MSDM) menurut M.T.E. Hariandja  (2002, h 2), Manajemen Sumber Daya Manusia yang sering juga disebut dengan manajemen personalia oleh para penulis didefinisikan secara berbeda.
3.       Pengertian Manajemen Sumber Daya Manusia menurut Gary Dessler (1997,h.2) adalah kebijakan dari praktik yang dibutuhkan seseorang untuk menjalankan aspek “orang” atau SDM dari posisi seorang manajemen, meliputi perekrutan, penyaringan, pelatihan, pengimbalan dan penilaian.
4.      Pengertian Manajemen Sumber Daya Manusia (MSDM) menurut Mathis dan Jackson (2006, h.3) adalah rancangan sistem-sistem formal dalam sebuah organisasi untuk memastikan penggunaan bakat manusia secara efektif dan efisien guna mencapai tujuan organisasi.
5.       Pengertian Manajemen Sumber Daya Manusia (MSDM) menurut M.Manullang (2004:198), adalah sebagai berikut : “Manajemen Sumber Daya Manusia adalah seni dan ilmu pengadaan, pengembangan dan pemanfaatan SDM sehingga tujuan perusahaan dapat direalisasikan secara daya guna dan kegairahan kerja dari semua kerja”.
Manajemen sumber daya manusia juga menyangkut desain dan implementasi sistem perencanaan, penyusunan karyawan, pengembangan karyawan, pengelolaan karier, evaluasi kinerja, kompensasi karyawan dan hubungan ketenagakerjaan yang baik.Manajemen sumber daya manusia melibatkan semua keputusan dan praktik manajemen yang memengaruhi secara langsung sumber daya manusianya.
Sumber daya manusia dapat dibagi menjadi 2 yaitu:
-          Manusia sebagai sumber daya fisik
Manusia memilki tenaga dan energi yang dapat digunakan untuk bekerja, seperti berkebun, bertani, menangkap ikan dan lain- lain. Manusia sebagai sumber daya fisik ini lebih mengarah ke kegiatan yang membebani fisik manusia.

-          Manusia sebagai sumber daya mental
Di sini kemampuan berpikir manusia yang menjadi bagian utamanya. Manusia adalah satu – satunya makhluk yang duciptakan Tuhan dengan akal budi. Dengan adanya akal budi manusia dapat berkembang dengan cepat,dan dapat mengelola sumber daya alamnya. Oleh karena itu, manusia tidak dapat dilihat hanya sebagai sumber energi, tetapi yang lebih penting adalah kemampuan berfikirnya.
Kita juga dapat melakukan perencanaan terhadap sumber daya manusia. Dalam melakukan perencanaan, ada beberapa hal yang harus diperhatikan, yaitu:
-          kegiatan – kegiatan yang akan dilakukannya nanti.
-          Jumlah dan kualitas SDM yang diperlukan untuk melaksanakan kegiatan tersebut.
-          Rencana, mutasi, promosi, dan pensiun karyawan.
Ada  4  peran, fungsi, tugas, dan tanggung jawab manajemen SDM.
1.        Perencanaan
Melakukan persiapan dan seleksi tenaga kerja (Preparation and selection). Pada proses ini, semua di rencanakan, seperti melakukan perkiraan akan pekerjaan yang lowong, jumlahnya, waktunya, dan lain-lain. Pada proses ini ada 2 faktor yang perlu diperhatikan, yaitu faktor internal dan faktor eksternal. Faktor internal seperti jumlah kebutuhan karyawan baru, struktur organisasi, dan lain-lain. Faktor eks ternal seperti hukum ketenagakerjaan, kondisi pasa tenaga kerja, dan lain-lain.
2.       Rekrutmen dan seleksi
Rekrutmen tenaga kerja/Recruitment. Rekrutmen adalah suatu proses untuk mencari calon atau kandidat pegawai, karyawan, buruh, manajer, atau tenaga kerja baru untuk memenuhi kebutuhan sdm oraganisasi atau perusahaan. Dalam tahapan ini diperlukan analisis jabatan yang ada untuk membuat deskripsi pekerjaan/job description dan juga spesifikasi pekerjaan/job specification. Seperti namanya sendiri, rekrutmen dan seleksi, maka, ini adalah proses menseleksi tenaga kerja yang melamar, dan harus dipilih yang memiliki kualitas yang baik.
3.       Pelatihan, pengembangan, dan penilaian presentasi
Pengembangan, yaitu memberikan pelajaran – pelajaran yang dapat meningkatkan kinerja tenaga kerja. Karena para tenaga kerja di tuntut untuk harus menguasai semua pekerjaan yang menjadi bagian tugasnya.
Memberikan kompensasi dan proteksi pada pegawai (Compensation and protection). Kompensasi adalah imbalan atas kontribusi kerja pegawai secara teratur dari perusahaan. Proteksi atau perlindungan seperti asuransi dan sebagainya juga penting bagi tenaga kerja, agar semua tenaga kerja dapat bekerja dengan tenang, sehingga kinerjanya pun dapat meningkat dari waktu ke waktu.
4.      Promosi, pemindahan, dan pemisahan
Promosi adalah peningkatan posisi atau kenaikan jabatan, dengan promosi, seorang tenaga kerja akan dituntut tanggung jawab yang lebih besar, dan tentu saja ia akan mendapat bayaran lebih. Ada juga demosi, demosi adalah kebalikan dari promosi, atau penurunan jabatan. Pemisahan, pemisahan disini adalah PHK atau pemutusan hubungan kerja, atau yang lebih dikenal dengan pemecatan tenaga kerja, hal ini dilakukan dengan berbagai alasan. Terminasi, adalah pemisahan yang disebabkan karena tenaga kerja melanggar aturan perusahaan atau tidak menunjukan kinerja yang baik. Pemberhentian sukarela adalah pemisahan tenaga kerja yang atas kemauannya sendiri. Pengunduran diri adalah pemisahan pegawai yang telah menyelesaikan masa kerja maksimalnya dari organisasi atau umumnya di kenal dengan istilah pensiun.
Sistem informasi sumber daya manusia atau Human Resource Information System merupakan sistem yang dibuat untuk melakukan hal- hal yang berkaita dengan manajemen sumberdaya manusia, dan berguna untuk pengambilan keputusan.
Fungsi HRIS
Fungsi HRIS memiliki empat kegiatan utama yaitu:
1. Perekrutan dan Penerimaan (Recruiting and Hiring).  membantu penenerimaan
pegawai baru ke dalam perusahaan dan selalu mengikuti perkembangan terakhir dalam peraturan pemerintah yang mempengaruhi praktek kepegawaian dan menasehati manajemen untuk menentukan kebijakan yang sesuai.
2. Pendidikan dan Pelatihan. Selama periode kepegawaian seseorang, HIRS dapat mengatur berbagai program pendidikan dan pelatihan yang diperlukan untuk meningkatkan pengetahuan dan keahlian kerja pegawai.
3. Manajemen Data. HIRS menyimpan database yang berhubungan dengan pegawai dan memproses data tersebut untuk memenuhi kebutuhan informasi.
4. Penghentian dan Admistrasi Tunjangan. Selama seseorang diperkerjakan oleh
perusahaan mereka menerima paket tunjangan. Setelah penghentian, HIRS
mengurus program pensiun perusahaan bagi mantan pegawai yang berhak.
Contoh HIRS:
ü  Sistem tunjangan pensiun
ü  Sistem manajemen penggajian pegawai
   referensi:
- id.wikipedia.org/wiki/Sistem_manajemen_sumber_daya_manusia/

Minggu, 02 Desember 2012

sistem informasi geografis


SISTEM INFORMASI GEOGRAFIS

Pertama-tama kita akan membahas dulu tentang geografi,
geografi1.jpgapa itu geografi? Kita semua tau geografi, pada pelajaran sd pun sudah ada tentang geografi. Yang namanya geografi itu sangatlah luas, geografi adalah ilmu yang mempelajari semua tentang gejala-gejala dan segala fenomena yang ada di bumi ini.
Menurut para ahli, pengertian geografi adalah sebagai berikut:
1.      Menurut Erastothenes, Geografi adalah penulisan tentang bumi. Definisi ini sesuai denganperkembangan geografi pada masa itu yang membicarakan keadaan daerah lain (geo = bumi; graphein = penulisan atau uraian).
2.       Menurut Claudius Ptolomaeus, geografi adalah suatu penyajian melalui peta dari sebagian dan seluruh permukaan bumi.
3.      John Mackinder (1861-1947) seorang pakar geografi memberi definisi geografi sebagai satu kajian mengenai kaitan antara manusia dengan alam sekitarnya.
4.      Ekblaw dan Mulkerne mengemukakan, bahwa geografi merupakan ilmu pengetahuan yang mempelajari bumi dan kehidupannnya, mempengaruhi pandangan hidup kita, makanan yang kita konsumsi, pakaian yang kita gunakan, rumah yang kita huni dan tempat rekreasi yang kita nikmati.
5.      Strabo , Menyebutkan bahwa geografi erat kaitannya dengan karakteristik tertentu mengenai suatu tempat dengan memperhatikan juga hubunganantara berbagai tempat secara keseluruhan. Geografi sejak perkembangannya,dimulai dari menceritakan tentang daerah lain, sudah lebih di khususkan lagi dan sudah adanya konsep region yaitu daerah yang sudah mempunyai cirikhas tersendiri dan adanya hubungan antardaerah (tempat).
6.      Bintarto (1977) Geografi mempelajari hubungan kausal gejala-gejala di permukaanbumi dan peristiwa-peristiwa yang terjadi di permukaan bumi, baik secarafisik maupun yang menyangkut makhluk hidup beserta permasalahannyamelalui pendekatan keruangan, ekologi, dan regional untuk kepentinganprogram, proses, dan keberhasilan pembangunan.
7.      Preston E. James, mengemukakan geografi berkaitan dengan sistem keruangan, ruang yang menempati permukaan bumi. Geografi selalu berkaiatan dengan hubungan timbal balik antara manusia dan habitatnya.
8.      Menurut Ullman (1954), Geografi adalah interaksi antar ruang.
9.      Maurice Le Lannou (1959)mengemukakan bahwa Objek study geografi adalah kelompok manusia dan organisasinya di muka bumi
10.  Paul Claval (1976) berpendapat bahwa Geografi selalu ingin menjelaskan gejala gejala dari segi hubungan keruangan
11.  Suatu definisi yang lain adalah hasil semlok (seminar dan lokakarya) di Semarang tahun 1988. Geografi adalah ilmu yang mempelajari persamaan dan perbedaan fenomena geosfer dengan sudut pandang kewilayahan dan kelingkungan dalam konteks keruangan.
12.  Karl Ritter, Geografi ialah studi tentang daerah yang berbeda-beda di permukaanbumi (Different areal) dalam keragamannya.
13.  John Hanrath , Geografi adalah pengetahuan yang menyelidiki persebaran gejalagejalafisik biologis dan antropologis pada ruang di permukaan bumi,sebab akibat dan gejala menurut ukuran nilai, motif yang hasilnya dapat dibandingkan.
14.  Vernor E. Finch dan Glen Trewartha (1980), Geografi adalah deskripsi dan penjelasan yang menganalisis permukaan bumi dan pandangannya tentang hal yang selalu berubah dan dinamis, tidak statis dan tetap. Dari pengertian di atas Vernor & Glen menitikberatkan pada aspek fisik yang ada di bumi yang selalu berubah dari masa ke masa.
15.  Hartshorne (1950) , Geografi adalah ilmu yang berkepentingan untuk memberikan deskripsiyang teliti, beraturan, dan rasional tentang sifat variabel permukaan bumi. Dalampandangan Hartshorne, geografi adalah suatu ilmu yang mampu menjelaskan tentang sifat-sifat variabel permukaan bumi secara teliti, beraturan, dan rasional.
16.  Yeates (1963), Geografi adalah ilmu yang memerhatikan perkembangan rasional dan lokasi dari berbagai sifat yang beraneka ragam di permukaan bumi. Dalam pandangan Yeates, geografi adalah ilmu yang berperanan dalam perkembangan suatu lokasi yang dipengaruhi oleh sifat-sifat yang ada di permukaan bumi dengan tidak mengenyampingkan alasan-alasan yang rasional.
17.  Alexander (1958), Geografi adalah studi tentang pengaruh lingkungan alam pada aktivitas manusia. Dalam pandangan Alexander inilah mulai dibahas tentang hubungan timbal balik antara aktivitas manusia serta pengaruhnya terhadap lingkungan alam.
18.  Von Rithoffen (1905), Geografi adalah studi tentang gejala dan sifat-sifat permukaan bumi serta penduduknya yang disusun berdasarkan letaknya, dan mencoba menjelaskan hubungan timbal balik antara gejala-gejala dan sifat tersebut.
19.  Paul Vidal de La Blace (1915), Geografi adalah studi tentang kualitas negara-negara, di mana penentuan suatu kehidupan tergantung bagaimana manusia mengelola alam ini.

Geografi adalah ilmu, nah, apa sih gunanya kita mempelajari ilmu itu. Belajar sesuatu itu pastinya mengharapkan terjadinya peruubahan, entah kecil ataupun perubahan besar. Sama seperti itu belajar geografi pun bertujuan supaya orang mengerti tentang fenomena-fenomena di bumi, dengan begitu diharapkan supaya masyarakat sadar, dan berusaha untuk cinta lingkungan, dapat mengembangkan kepekaan terhadap permasalahan lingkungan. Semua manusia perlu untuk mengetahui hal ini, supaya bumi kita dapat di pelihara dengan baik.

Belajar geografi pun dapat bermanfaat untuk mata pencaharian seperti di bidang industri, bidang pertanian, dan lain-lain.

Sitem informasi geografi adalah sistem informasi khusus yang mengelola data yang memiliki informasi spasial (bereferensi keruangan). Atau dalam arti yang lebih sempit, adalah sistem komputer yang memiliki kemampuan untuk membangun, menyimpan, mengelola dan menampilkan informasi berefrensi geografis, misalnya data yang diidentifikasi menurut lokasinya, dalam sebuah database. Jadi, sistem informasi geografi adalah sistem yang khusus dibuat untuk menyimpan dan memanipulasi informasi-informasi geografi.
Konsep dasar geografis, Dibandingkan dengan peta, SIG mempunyai keunggulan inheren karena penyimpanan data dan presentasinya terpisah.
Ada 2 jenis data yang mendukung adanya sistem informasi geografis yaitu, data spasial yang berarti gambaran suatu tempat di muka bumi, dan data non-spasial yang berarti datanya berbentuk tabel yang memuat data spasial di dalamnya.
Kebutuhan informasinya adalah sebagai berikut,
Peneliti Ilmu Kebumian - mempelajari fenomena alam (seperti: gunung meletus dan kebakaran
hutan)
• Pemerintah Daerah - perencanaan tata ruang wilayah (perkotaan dan pedesaan)
• Ahli teknik - perencanaan pembangunan (seperti pembangunan dan lintasan jalan serta letak
gedung)
• Ahli Lingkungan - pengamatan kualitas lingkungan (seperti air dan udara)
• Sopir - bantuan navigasi / perjalanan (lintasan terpendek untuk menghindari macet, tawuran,
banjir)
• Distributor - monitoring stock dan distribusi (kebutuhan stock dan sumber komoditi)

Contoh dari sistem informasi geografi adalah menentukan lokasi hutan kota, menentukan lokasi pengembangan lahanpertanian, dan lain-lain.

Referensi: